Rame-rame Sharing yang Berfaedah ya....

Tuesday, November 15, 2016

Membaca cepat

Membaca Cepat.


Mau memiliki kecepatan membaca dan memahami yang cepat apalagi ketika dihadapkan dengan dokumen yang tebal?

Ternyata membaca cepat bukan membaca dalam hati ataupun berbicara/bersuara di dalam kepala dengan cepat-cepat dan ketika ditanya hampir tidak mengerti apa2. Saya telah mengetahuinya sejak SMA namun tidak begitu mengetahui teknik-tekniknya. Teknik ini juga terdapat di dalam salah satu buku Bahasa Indonesia KTSP 2016 SMP kelas 2.Setelah ditelusuri lagisaya menemukan Bapak Tony Buzan (http://www.tonybuzan.com/about/speed-reading/)yang ahlinya dan juga Bapak Adam Khoo (http://www.adam-khoo.com/).Tapi pembayarannya harus dalam dolar dan perlu kartu kredit..... Saya cari lagi yang lainnya. Akhirnya saya menemukan Bapak Muhammad Noer.



Saya menemukan banyak sekali hal menarik di dalamnya. Saya juga setuju dengan penjelasan ilmiah biologis dan neurologis di dalamnya misalnya mengenai jangkauan pandangan mata walaupun kita melihat ke depan tetapi hal-hal di samping masih bisa terlihat dan lain-lainnya.

Waktu itu (sekitar tahun 2013) saya bekerja sebagai seorang pengajar di Rumah Panti untuk anak-anak yang perlu mendapatkan bantuan dalam pendidikan. Saya melihat penguasaan membaca mereka sangat memerlukan bantuan. Saya pun berdoa dan memutuskan untuk register dan mencoba lebih banyak dalam program ini. Saya dan murid2 bersama2 mencoba program ini. Waktu itu saya mendapat diskon karena penghasilan saya termasuk penghasilan di bidang sosial yang terbatas dan juga untuk program ini dibutuhkan komitmen dan konsistensi. Perjuangan mayoritas hanya Saya sendiri. Untuk biayanya kalau gak salah Rp.425.000 kemudian saya mengajukan diskon karena ada programnya.

Saya berlatih membaca e-book selama lebih kurang 3 bulan dan membaca sebanyak lebih kurang 1.200 halaman mengikuti bimbingan Bapak Mohammad Noer. Selama lebih kurang 3 bulan ini, saya hampir tidak mengerti apa yang saya baca sama sekali. Kalaupun ada yang saya ingat mungkin hanya 2% dari keseluruhan isi. Tetapi kemudian saya berpikir “toh tak ada ruginya... lanjutkan saja... walaupun cuman ngerti sedikit”.

Pada suatu hari (setelah lebih kurang 3 bulan)... Luar.... biasa... di pagi hari ketika saya membaca perenungan saya... Mata saya bergerak sendiri menangkap setiap kata2 dan saya tidak bisa menghentikan pergerakan mata saya karena semua informasi yang ditangkap mata langsung diserap diotak dan diterjemahkan sehingga saya paham dan mata saya pun bergerak sendiri sampai halaman selesai. Dan saya pun ngos2an dan serasa mau muntah/mual (perasaan benaran) setelah selesai ibarat biasa makan banyak tapi tidak dicerna tetapi kali ini makan cepat dan banyak dan dicerna cepat. Aduh.... kepalaku serasa berisi muatan informasi dengan loading kecepatan mungkin 4G(berlebihan gak ya?). Tapi perasaannya sungguh fantastis. Setelah halamannya selesai, saya masih ingat nama tempat , tanggal, nama jenderal atau kolonel. Kecepatan saya waktu itu mungkin 250 kata per 20-25 detik. Dan mata Saya makin lama makin cepat.

Latihan ini boleh ditambahkan dengan latihan Braingym. http://www.braingym.org/.

Kalau ikutin seminar Bapak, saya yakin hasilnya akan lebih mencengangkan.
Saya juga punya seorang murid yang matanya strabismus (juling) mampu menguasai teknik ini. Setelah baca 2 halaman sejarah dalam waktu yang saya tentuakan yaitu lebih kurang 1 menit (agak lupa durasinya tapi dia tidak hafal bacaan dia cuman ikutin panduan gerakan mata ke kiri kanan dan hitung 1-2-3 dalam hati secara cepat). Saya tanyakan dia beberapa pertanyaan umum dia mampu jawab. Saya tanyakan lagi pertanyaan spesifik dia juga mampu menjawab. Saat itu pelajarannya mengenai manusia purba jenis2nya, tahun, daerah, dan nama penemunya. Dia mampu menjawab. 
Buku ini recommended.




rameramesharing

(This article is about speed reading. I am recommending it because of my experience using it and I got a tremendous result after about 3 months of practice. For the first 3 months, I hardly understood anything. After 3 months, my eye muscles seem to move very fast and capture all the words that are transferred and translated in my brain. It is like a 4G speed of internet speed. I comprehended and still remembered the date, name of the general of my devotional reading. My student who got strabismus/cross-eyed also made it. Check http://www.tonybuzan.com/about/speed-reading/). 

No comments:

Post a Comment